Monday, February 20, 2017

TIDUR TELAT CIRI ORANG CERDAS


Akhir-akhir ini gw susah tidur di malam hari, entah apa penyebabnya, tapi ini terjadi begitu saja.
Biasanya malam-malam yang gw jalani normal, tidur iam 20.00 WIB, sesuai apa yang di anjurkan pakar-pakar kesehatan. Tapi gw pernah baca artikel di internet, bahwa orang-orang yang cerdas itu memiliki ciri yang khas, dia sulit tidur di malam hari. Gw berfikir apakah ini tanda-tanda gw adalah orang-orang tersebut?
Lantas selama ini berarti gw ngejalani siang dan malam sebagai orang bodoh? Soalnya gw biasa tidur jam 20.00 WIB, apalagi saat-saat masa-masa sekolah, sehabis shalat maghrib langsung rebahan dan tak sadarkan diri, gak shalat isya donk? Iya jujur gw jarang shalat isya karena sering ketiduran....sorry, lalu di pagi hari wajah di penuhi foam layaknya orang overdosis, tapi ini bukan karena obat, melainkan ludah yang mendidih saat tidur.
                Namun sekarang semuanya sudah terbalik, gw jarang tidur sore-sore dan selalu mengisi waktu begadang gw sedikit demi sedikit dengan hal positif, jreng....tiba-tiba sekarang  gw seperti albert einstein, rambut gimbal mata panda, tapi lebih mirip ke orang stres di banding ke albert einstein, ya jujur aja gw gak merasa pintar sih, tapi setidaknya sedikit demi sedikit jadi lebih baik malam hari gw, dari pada tidak sama sekali.
                Banyak artikel di internet menuliskan bahwa orang yang sulit tidur di malam hari itu orang cerdas? Karena mereka mengisi malam mereka dengan kegiatan yang produktif sehingga membuat otak mereka terus bekerja.
Bukan berarti susah tidur lalu lo santai main playstation, nonton tv, pokoknya kegiatan yang gak produkif gtu deh, tetep aja lo gak bakalan cerdas meski berabad-abad lo begadang sampe mata lo putih semua, yang ada kesannya orang berfikir lo katarak.
Jadi, misalnya lo tiap malam merasa susah tidur dan mencoba berbagai cara agar lo bisa terlelap dengan nikmat, lebih baik waktu lo gunain buat hal-hal yang produktif, dengan cara membaca buku, belajar bahasa asing, atau melatih hoby lo agar semakin pro.
Tapi lo sering berfikir gak, kenapa tiap kali lo melakukan hal-hal yang positif saat malam hari justru yang ada lo bawaannya ngantuk dan pengen tidur, misalnya  membaca buku sambil tiduran, belajar untuk ujian, mengaji atau melakukan ibadah di malam hari.
Itu karena dorongan dari otak yang lelah, mata yang lelah, atau juga bisa saja karena rasa bosan, sehingga membuat lo jenuh bercampur dengan rasa lelah akhirnyalo tertidur, pasti pernah ngerasain deh hal seperti ini.
Berbeda jika malam lo digunakan dengan menonton tv atau film yang seru, dorongannya lo bakal pengen begadang dan mengambil secangkir kopi agar bisa menikmati film  yang lo sukai, pasti lo pernah deh di posisi ini.

Kesimpulannya, menurut penelitian, seseorang yang sulit tertidur di malam hari itu adalah orang cerdas, jika malam harinya di isi dengan kegiatan produktif. Sebaliknya, jika malam hari lo sulit tidur dan lo gunain malam lo dengan menonton tv atau film yang bukan tentang edukasi itu sama aja bohong, mau lo begadang tiap hari tetep aja otak lo gitu-gitu aja.
Share:

5 comments:

  1. #sarkomet baru dengar orang yang telat tidur dibilang cerdas, patut dicoba tuh gan

    ReplyDelete
  2. makanya tidur terus supaya makin cerdas

    ReplyDelete
  3. Gue juga begini nih :D dunia terbalik, malem2 bukannya tidur malah ngerjain sesuatu :D

    Investasi Apartemen di Signature Park Grande Oleh Pikko Group

    ReplyDelete
  4. kalau ane tidur jam 4 subuh gimana gan ?

    ReplyDelete