Tuesday, February 07, 2017

BERTAHAN HIDUP DI TANGGAL TUA

Lebay dikit gapapalah, judulnya, emang apa yang tertera di ju
dul bisa benar adanya, terutama bagi kalangan anak kost.

                Kerja di tempat yang gajinya pas-pasan, banyak cicilaan, beli ini, itu, baju, kuota, beras, stock cemilan buat di kosan, belum lagi kebutuhan sabun menyabun saat di landa kesepian bagi yang jones J makin nambah pahit kehidupan di tanggal tua  ini bagi anak kost.
                Dan hidup jadi anak kost itu sulit, mau ini itu harus nunggu gajian, mau makan enak nanti gajian, mau nonton nanti gajian, mau travelling nanti gajian, mau nyabun yak e kamar mandi J hahaha joness,,joness.
                Gak kebayang gimana kalau sudah beristri, istri mau jajan suruh minum air, mau makan di tanggal tua, minum air lama-lama jadi “Istri gelonggongan”.
                Tapi disini gw mau berbagi tips super miring yang ada manfaatnya juga, berikut tipsnya :
1.       Saat tanggal muda dan awal gajian, sisikan selalu 10-20% uang dan simpan di tempat yang aman, jangan sampai ada yang tau kalo kamu menyimpannya untuk persiapan tanggal tua.
2.       Pada saat tanggal muda, jangan terlalu banyak bertingkah, pengen ini pengen itu, makan di rumah saja, kalo mau ke restaurant usahakan bawa minum sendiri, bawa makanan sendiri dari rumah, misalnya di Tanya temen lo “kenapa bawa dari rumah padahal mau makan di restaurant”, lo jawab aja “Gw mempunyai penyakit gak boleh makan minum sembarangan, nanti kumat”. Itu cara yang sangat ampuh, temen lo gak bakal ngetawain lo, yang ada mereka bakal prihatin sama lo.
3.       Gunakan uang hanya untuk kebutuhan.
4.       Pada saat pergi kerja/kuliah usahakan dari rumah sarapan yang banyak, usahain banyakin karbohidrat belakangin dulu lauk pauk, yang penting ter isi penuh dan kuat sampai jam 12, saat jam istirahat tiba, bekal makanan yang lo bawa makan dan usahain banyakin karbohidratnya, kalo ada temen lo yang ngajak makan di kantin usahakan ikut aja, nyampe kantin cukup beli minum saja.
5.       Kurangin yang namanya beli kuota/pulsa berlebihan, gunakan internet sebijaknya saja, jangan terlalu sering main game online, youtube,social media berlebihan dan usahakan gunakan internet di tempat ramai, karna bagi seorang jones, menggunakan internet di tempat yang sepi itu berakibat sangat fatal… ah sudahlah
6.       Usahakan mempunyai pacar yang gak banyak gaya, tampil adanya bukan berarti ketinggalan zaman, justru mempunya pacar yang bisa ngingetin lo mengenai masa depan dan pentingnya masa depan, itu yang wajib lo pertahanin.
7.       Jauhin tempat-tempat yang penuh dengan anak muda nongkrong,karna biasanya tempat-tempat seperti ini akan membuat adrenalin lo terpacu untuk bergaya mengikuti orang-orang sekitar itu yang lebih keren.
8.       Saat pertengahan tanggal, ini adalah masa transisi antara tanggal muda ke tanggal tua, disini sifat-sifat yang masih labil akan tergoda dengan gemerlapnya warteg, gemerlapnya warkop dan berbagai macam godaan dari syaitan-syaitan media social, tetangga, teman dan bajingan, jika orang yang berprinsip kuat dan teguh, pasti dia tak akan tergoda dengan cobaan-cobaan seperti itu, karna baginya sangat hina jika terlarut di dalamnya.
9.       Tanggal tua telah tiba, usahakan hiduplah seperti orang kebanyakan hidup di tanggal tua, berpura-pura sengsara dan tak punya uang, hiduplah seperti belum makan sepuluh hari, pura-pura lemes, soalnya kalo lo hidup enak disaat tanggal-tanggal seperti ini, habislah riwayatmu, aka nada teman-teman sekitarmu yang akan mengemis, memasang muka melas penuh harapan, bahkan ada yang jadi murtad demi meminjam uang untuk hidup sampai gajian hahaha, lo belum tau apa uang lo nanti bakal kembali atau tidak, soalnya meminjamkan uang kepada teman itu kita akan banyak rintangan saat kita membutuhkan uang itu kembali, you know lah “TEMAN”.
10.   Pertahankan gaya hidup seperti itu sampai lo jadi orang kaya dan orang-orang bakal memanggil lu “Batak”, ber arti sukses hidup lo,,hahaha

Sekian artikel sore ini good day, salam “Batak”
Share:

3 comments:

  1. wah buat gajih awal kerja saya banyam terkurasnya sekian bulan berlalu saya jadi super hemat karna saya tau tgl tua itu emang masa paling sulit hahah

    ReplyDelete
  2. mau tanggal tua tanggal muda alhamdulillah sesuatu.. kalo anak kost diusahain jangan macarin anak org, ntar kelabakan lu wkwk

    ReplyDelete